Sabtu, 21 Juli 2012

Bintang Ramadhan

Ini catatanku pada Ramadhan tahun lalu, 1432 H.....

Setiap tahun , setiap ramadhan...panitia ramadhan dengan personil yang tidak berubah telah menyusun acara untuk kegiatan satu bulan penuh. Dan inilah sebuah kepanitiaan yang akan bekerja dgn waktu terlama, bayangkan..sebulan penuh..!! Rasanya jarang ya..ada peristiwa yang berlangsung selama sebulan penuh . Jabatan untuk tiap-tiap panitiapun tak pernah berubah, kecuali untuk Ketua yang dilakukan secara bergilir dari tahun ke tahun. Dan saya selalu dipercaya untuk menjadi koordinator acara khusus untuk anak-anak.

Selain acara harian rutin seperti taraweh, kultum dan tadarus, sahur bersama, buka bersama anak-anak yatim dan dhuafa, pengajian subuh di hari minggu, buka/sahur on the road,  acara khusus untuk anak-anakpun tak pernah ketinggalan. Sehari sebelum bulan puasa, anak-anak sudah dilibatkan dalam acara Tarhib Ramadhan, menyambut bulan penuh berkah dengan pawai keliling komplek . Tua muda turun ke jalanan komplek di malam hari dengan membawa obor. Anak-anak meneriakkan yel-yel semangat untuk berpuasa, para orang tua mengumandangkan kebesaran Allah dan sholawat nabi. Sungguh meriah !


Acara khusus untuk anak-anak yang lainnya adalah Ramadhan Ceria. Disini ada bermacam-macam lomba yang bisa diikuti oleh anak mulai TK hingga SMP. Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba mewarnai/menggambar, lomba membaca hafalan surat juz'amma, lomba adzan dan cerdas cermat. Tapi tahun ini lomba cerdas cermat diganti menjadi RANKING SATU. Mengacu pada sebuah acara kuis di salah satu station TV. Dalam acara ini terlihat keceriaan anak-anak  mengikuti berbagai lomba, meskipun berpuasa mereka tetap semangat dan gembira ..mengukir sebuah prestasi. Subhanallah...

Selain acara lomba, anak-anakpun selalu dilibatkan pada acara santunan dan buka puasa bersama anak yatim dan dhuafa sekaligus pula memperingati nuzulul Qur'an. Anak-anak akan mengisi acara untuk menghibur teman-temannya yang kurang beruntung yang berjumlah +/- 100 itu. Selain bernasyid, sajak/puisi, parade hafalan surat pendek, tahun ini saya merancang sebuah acara operet untuk mereka. Operet ini berjudul Kepompong Ramadhan.


Operet Kepompong Ramadhan bercerita tentang proses metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu yang indah dan diibaratkan bahwa berpuasa mirip proses seperti itu, berada dalam sebuah kepompong untuk menjadi berubah menjadi insan yang lebih bertaqwa, itulah kepompong ramadhan. Persiapan untuk acara ini biasanya pun dilakukan secara mendadak, karena anehnya idenya pun selalu datang tiba-tiba. Cukup dengan hanya latihan 1-2 kali saja sepulang taraweh. Insya Allah kepompong ramadhan akan ditampilkan pada hari Rabu, 17 Ramadhan besok. Semoga berhasil memukau para undangan dan anak-anak yatim itu, seperti juga tahun-tahun sebelumnya. Doakan ya...! Dan tahun inipun panitia membeli seperangkat alat musik marawis khusus untuk anak-anak...! Alhamdulillah, saat tulisan inipun dibuat, terdengar suara alat musik itu dari mesjid, rupanya anak-anak sedang berlatih marawis untuk mengisi acara besok..:)

Di akhir minggu bulan puasa, akan diadakan pemilihan anak yang paling rajin dan tertib dalam melaksanakan ibadah salat taraweh. Seorang putra dan putri. Biasanya pemilihan dilakukan berdasarkan penilaian para orang tua yang secara diam-diam memata-matai perilaku setiap anak saat taraweh. Anak yang terpilih akan mendapatkan hadiah dari panitia.

Semua kegiatan khusus ini  bertujuan untuk memberi kesan yang mendalam terhadap bulan puasa bagi anak-anak. Dan diharapkan mereka menjadi lebih bersemangat dalam menyambut setiap ramadhan, mendapat pengalaman yang bermanfaat dan tak terlupakan sepanjang hidupnya, dan yang lebih penting adalah semoga mereka menjadi generasi penerus yang mencintai mesjid dan selalu menyemarakkan ramadhan dengan syiar-syiar islami, menjadi Bintangnya Ramadhan..!!

Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap langkah,  ikhtiar dan doa kami, aamiin.

**Rumah Belajar Rifansa, 16 Agustus 2011*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your comment, pleeaseee...:)