Jumat, 22 Juni 2012

Just Sharing....:)

Aku sering memperhatikan anak-anak . Bukan hanya anak-anakku, tapi juga anak-anak yang lain. Bagaimana tidak ? karena setiap hari aku berinteraksi dengan anak-anak. Mulai dari TK sampai SMP.

Anak TK, selalu menyenangkan . Karakter mereka unik. Berbeda satu dengan yang lainnya. Ketika seorang ibu menanyakan berapa lama waktu yang diperlukan hingga anaknya bisa membaca dan menulis? Aku tak bisa memberikan jawaban pasti seperti 3 bulan, 4 bulan atau bahkan 10 bulan. Karena masing-masing anak berbeda kemampuan, berbeda ciri dan karakternya, berbeda cara mereka menerima materi. Maka aku tak bisa mentargetkan sekian bulan anak ibu bisa membaca atau menulis. Aku hanya mengatakan, kalau ibu percaya kepada saya, insya Allah anak ibu akan siap ketika akan masuk sekolah dasar. Itu saja. Dan selama ini metode yang saya sampaikan untuk anak-anak , alhamdulilah diterima dengan baik oleh anak-anak maupun orang tua murid.

Usia sama, kelas sama ..tapi metode pembelajaran yang disampaikan kepada mereka belum tentu bisa sama . Ada anak yang bisa langsung belajar ke materi pokok , ada anak yang harus dimunculkan dahulu mood belajarnya dengan bermain  ,  dibacakan cerita  atau menyanyi dulu . Aku harus mengetahui secara pasti karakter dan sifat dari masing-masing anak untuk bisa menentukan metode belajar  seperti apa yang bisa diterapkan terhadap mereka.

Suatu hari , ada seorang anak TK datang ke tempat les dengan wajah cemberut , bahasa tubuhnya loyo, datang ke rumahku bukan ke ruang belajar tapi malah duduk di depan TV. Aku menyapanya , bertanya basa basi tapi tak satupun jawaban keluar dari mulutnya. Hmmm..bagaimana bisa belajar kalau moodnya seperti itu ? Aku masuk ke ruangan belajar sambil kunyalakan lagu dari hp ku , sebuah lagu girl band yang sedang ngetop . Dan seperti dugaanku, anak itu datang menghampiriku lalu dia mulai menyanyi mengikuti lagu tersebut. Satu lagu selesai, kini lagu yang kedua, lagu ketiga...semua lagu kesukaannya, dan tanpa disadari anak itu mulai menulis , membaca dan menghitung sambil terus diiringi musik dari hp .

Begitulah caraku mengajar. Aku senang berburu macam-macam permainan kartu dalam bahasa inggris maupun bahasa indonesia, permainan yang merangsang otak anak atau  kadang kuciptakan sendiri sebuah game/permainan . Semua itu bertujuan untuk bisa merangsang /menimbulkan mood dan memotivasi belajar anak-anak.

Lain lagi anak SD . Mereka lebih suka ngobrol dulu sebelum belajar. Contoh , seorang anak yang hobinya main bola, sebelum masuk materi pelajaran aku rangsang dulu dia  bercerita tentang hobinya. Begitu semangat dia bercerita dan seketika itu moodnya untuk belajarpun muncul. Bahkan dia lebih bersemangat belajar karena mereka senang telah menceritakan pengalamannya bermain bola, kegiatan  yang menyenangkan bagi mereka.

Siswa SMP . Seperempat jam pertama nya adalah sesi curhat. Tentang temannya, adiknya, kakaknya , gurunya atau hobinya. Membicarakan tajuk/berita yang sedang menjadi tranding topic di twitter, facebook atau media lainnya adalah materi wajib sebelum belajar. Saat semangat dan mood mulai menyala maka aku arahkan mereka pada materi pelajaran yang akan dipelajari.

Kini setelah menjalani ujian/ulangan kenaikan kelas, mereka akan menerima hasil belajar selama ini. Dan liburanpun tiba. Ya..sudah simpanlah dulu tas dan bukumu anak-anak...saatnya kalian membebaskan otak dan pikiran dari materi-materi pelajaran yang cukup berat itu...:D . Isi liburanmu dengan hal-hal yang positif dan menyenangkan untukmu. OK...!! Happy Liburan ya..!! :))



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your comment, pleeaseee...:)